Implementasi Sistem

Definisi :

· Merupakan tahap meletakkan sistem supaya siap untuk dioperasikan.

· Merupakan realisasi sistem yang berdasarkan pada desain yang telah dibuat.

· Merupakan tahap dimana sistem yang telah dirancang pada tahap sebelumnya diterapkan, berupa perangkat lunak maupun perangkat keras yang digunakan. Dengan penerapan sistem yang dirancang, hasilnya dapat dioperasikan dan digunakan secara optimal sesuai kebutuhan.

Tahapan Implementasi Sistem (Whitten, Bentley & Barlow, 1993) :

1. Membuat dan menguji basis data & jaringan.

Penerapan sistem yang baru atau perbaikan sistem dibuat pada basis data dan jaringan yang telah ada. Jika penerapan sistem yang baru memerlukan basis data dan jaringan yang baru atau dimodifikasi, maka sistem yang baru ini biasanya harus diimplementasikan sebelum pemasangan program komputer.

2. Membuat dan menguji program.

Merupakan tahap pertama untuk siklus pengembangan sistem yang spesifik bagi programer. Bertujuan untuk mengembangkan rencana yang lebih rinci dalam pengembangan dan pengujian program komputer yang baru.


3. Memasang dan menguji sistem baru.

Tahap ini dilakukan untuk menyakinkan bahwa kebutuhan integrasi sistem baru terpenuhi.

4. Mengirim sistem baru kedalam sistem operasi.

Tujuan tahap ini adalah untuk mengubah secara perlahan - lahan sistem lama menjadi sistem baru sehingga perlu dilakukan pemasangan basis data yang akan digunakan pada sistem baru.

Tahap implementasi sistem terdiri dari langkah-langkah :


1. Menerapkan rencana implementasi

v Bagaimanakah kelengkapan infrastruktur yang sudah ada seperti: seluruh jaringan, sistem kantor yang dipakai, sistem komunikasi, dan sistem penunjang

v Seberapa besar budget untuk infrastruktur mencatat semua biaya untuk kebutuhan infrastruktur tersebut.

v semua biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan implemntasi perlu dianggarkan dalam bentuk anggaran biaya. Anggaran biaya ini selanjutnya juga berfungsi sebagai pengendalian terhadap biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

v Apa infrastruktur yang harus disiapkan mencatat semua kebutuhan yang harus didapatkan/ dibeli


2. Melakukan kegiatan implementasi

v Pemilihan dan pelatihan personil

v Pemilihan tempat dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak

v Pemrograman dan pengetesan program

v Pengetesan sistem

v Konversi sistem

3. Tindak lanjut implementasi

v Analis sistem masih perlu melakukan tindak lanjut berikutnya seteleh sistem baru diimplementasikan.

v Analis sistem masih perlu melakukan pengetesan penerimaan sistem.

v Pengetesan ini berbeda dengan pengetesan sistem yang telah dilakukan sebelumnya.


Diagram Rencana Implementasi

Perencanaan fisik

1. Tata letak

· Platform

2. Fasilitas

·Alat pengatur suhu (AC)

·Alarm

·Power listrik

·Pencahayaan

Pelatihan Personil

Pelatihan personil dilakukan untuk mengoperasikan sistem, seperti : kegiatan mempersiapkan input, memproses data, mengoperasikan sistem, merawat dan menjaga sistem.

Tiga kelompok personal:

· Teknisi dan System Administrator

Adalah seseorang yang harus memelihara (maintain) sistem komputer yang berbeda pengoperasian dan penanganannya beserta sarana pendukungnya.

· Supervisor / direct personal

Adalah jabatan yang sangat strategis dalam suatu organisasi. Ia memiliki peran ganda. Di satu sisi ia adalah pemimpin yang harus membimbing, memotivasi dan mengendalikan karyawan. Di sisi lain, ia adalah wakil manajemen yang harus mempertanggungjawabkan semua tugas yang diberikan pada bagiannya. Karena itulah, seorang supervisor dituntut bukan hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan hubungan antar manusia. Training ini akan memberikan pengetahuan dan pedoman para supervisor dalam melaksanakan tugasnya.

· General Manager

Adalah manajer yang memiliki tanggung jawab seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi. Manajer umum memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manajer fungsional. Pada perusahaan yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manajer umum, sedangkan pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki beberapa orang manajer umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang berbeda-beda.

User training plan

User training plan adalah pelatihan seluruh tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhanya dalam melakukan sesuatu yang akan dikerjakan meliputi :

  • Kelas
  • Tutorial

Modul Pelatihan

Modul pelatihan ini akan membantu dalam mempelajari cara menggunakan sebuah perangkat lunak perencanaan/pemodelan meliputi:

  • Materi Pelatihan
  • Bantuan Pelatihan Computer-base

Topik untuk pelatihan

  • Penggunaan Sistem
  • Konsep umum komputer
  • Konsep sistem informasi
  • Konsep pengorganisasian
  • Managemen sistem
  • Instalasi sistem

Metode Pelatihan

· Metode pelatihan adalah proses untuk melatih pengguna dalam penggunaan proses bisnis baru dan fitur serta fungsi sistem baru dengan tujuan pengembangan kompetensi untuk menjamin keberhasilan operasional sistem baru.

· Alur atau tata cara untuk menjelaskan mengapa metode pelatihan harus dipilih dengan hati-hati agar sesuai dengan tujuan dari satu sesi dan sesuai dengan profil pelatihan.

· Metoda pelatihan ini meliputi beberapa bagian seperti :

ü Resident expert adalah sebuah pelatihan yang membutuhkan tenaga ahli pada suatu bidang.

ü Computer-aided instruction adalah suatu tehnik pelatihan yang menggunakan instruksi-instruksi terprogram untuk melakukan suatu pelatihan perancangan dan perekaan dengan dibantu oleh computer dengan sistem yang terkomputansi.

ü Formal courses adalah pelatihan yang dilakukan dengan cara formal yang mencakup muatan proses pembelajaran yang bersifat teori dan diskusi yang dilaksanakan didalam sebuah pelatihan secara formal untuk beberapa orang sekaligus.

ü Software help components adalah sebuah perangkat lunak yang membantu mengeksekusi instruksi dalam sebuah program kemudian membantu mengambil bentuk instruksi dalam sebuah komponen. Komponen terpadu dalam sistem yang dirancang untuk pelatihan dan troubleshooting sistem.

ü Tutorials adalah layanan bantuan dalam sebuah pembelajaran untuk membantu kelancaran proses dalam sebuah pelatihan. berisi petunjuk dan latihan untuk pengajaran dan pengembangan kompetensi pengguna dalam penggunaan sistem. Petunjuk latihan dan tutorial ini dapat dilengkapi oleh basis data yang menggunakan data riil.

ü Interactive training manuals adalah bentuk kombinasi antara pelatihan tutorials dan Computer-aided instruction.

ü External sources, such as vendors adalah vendor penyedia jasa pelatihan kursus dan bentuk pelatihan lain.

Dukungan Informasi untuk User

v Help desk

v On-line help

v Bulletin boards dan mekanisme pendukung

v

0 komentar: